Kiat Mencegah Virus Di Fasilitas Umum

Saat ini dunia khususnya Indonesia sedang diramaikan dengan isu penyebaran virus corona atau covid-19. Maka dari itu sebagai penyedia fasilitas umum seperti restoran, cafe dan lain sebagainya harus menyesuaikan dengan keadaan. Salah satu caranya adalah mengganti tempat makan yang terbuat dari plastik menjadi kaca, atau baja dari Pabrik baja indonesia. Selain itu mereka juga harus menyediakan hand sanitizer,juga mewajibkan pengunjung menggunakan masker.


Selain itu ada juga beberapa kiat yang dapat dilakukan untuk membantu para penyedia fasilitas untuk mencegah penyebaran virus dan memberikan rasa aman kepada para pengunjung. Karena dari berbagai pihak kesehatan juga sudah menerapkan beberapa standard tertentu yang harus diterapkan pada masa pandemi seperti ini. Lalu apa saja kiat kiat tersebut?

1.     Menjaga Jarak

Walaupun tempat makan dan tempat nongkrong sudah dibuka sebagai pengunjung dan karyawan toko tetap harus menjaga jarak. Jarak yang direkomendasikan oleh pakar kesehatan adalah sekitar 1,5 hingga 2 meter. Anda dapat membuat tempat duduk yang dapat diduduki dengan posisi menyilang agar jarak tetap terjaga.

2.     Batasi Pengunjung

Untuk tempat yang biasa dikunjungi banyak sekali orang, wajib bagi pemilik tempat untuk membatasi orang yang datang tersebut. Dengan membatasi pengunjung anda akan lebih mudah dalam mengatur posisi dan jarak yang harus dipatuhi oleh pengunjung.

3.     Berikan Alat Pembatas

Anda dapat memberikan pembatas untuk membatasi interaksi antara pengunjung juga karyawan disana. Pembatas yang dapat menjadi pilihan antar lain mika, plastik bening, kaca dan lain sebagainya. Tetap sediakan lubang, atau space di pembatas tersebut agar anda tetap bisa berinteraksi seperti biasanya.

4.     Cek Suhu Tubuh

Tetap selalu cek suhu tubuh para pengunjung sebelum mendatangi tempat. Pengunjung dengan suhu tubuh tinggi rawan akan sedang terkena penyakit, maka dari itu sebagai penyedia fasilitas harus tetap menyeleksi pengunjung yang akan datang.

5.     Hindari Masker Scuba

Masker scuba memang nyaman dipakai, akan tetapi terbuat dari bahan katun elastis yang apabila ditarik akan memperbesar pori pori bahan tersebut, hal ini yang menyebabkan masker scuba sangat tidak efektif dalam mencegah penularan virus. Tetap gunakan masker kain, atau masker 3 lapis.

Fasilitas umum sudah mulai dibuka, hal ini dilakukan karena penduduk Indonesia tetap harus memilki pemasukan untuk bertahan hidup, akan tetapi dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Akan sering sekali petugas keamanan melakukan pemeriksaan atau razia tempat tempat umum. Anda juga dapat berkonsultasi dengan Lawyer indonesia untuk berkonsultasi masalah hukum dan sebagai back up apabila anda dianggap melanggar peraturan.

Post a Comment

0 Comments